Bidang Penalaran

1pelBidang Penalaran memiliki tugas untuk:

Mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa Ilmu Administrasi Negara melalui aktivitas ilmiah.

Berikut beberapa program kerja Bidang Penalaran:

1. Diskusi Publik

Adalah program kerja yang bertujuan untuk mengangkat dan menganalisis kajian seputar dinamika isu Administrasi Negara di Indonesia dalam bentuk diskusi yang menghadirkan tokoh-tokoh yang ahli atau stakeholder di bidangnya.

2. Bedah Buku

Adalah program kerja yang diangkat untuk mendorong semangat membaca mahasiswa melalui diskusi bebas tematik yang diselenggarakan tiap bulannya dan diampu oleh lima bidang dalam struktur organisasi HMJ AN secara berkala sebagai pemantik diskusi.

3. Liga Debat FISIP

Adalah program kerja yang diangkat untuk menghadirkan HMJ AN di lingkup fakultas sebagai upaya menghadirkan partisipasi mahasiswa jurusan administrasi negara dalam kegitan akademik kompetitif yang berskala fakultas.

4. Kelas PKM 5 Bidang

Adalah program kerja yang diangkat guna memberikan kemudahan bagi mahasiswa jurusan Administrasi Negara dalam berpartisipasi mengikuti kegiatan penyusunan PKM melalui bantuan untuk memperoleh dosen pembimbing, pendampingan tim, sampai pengupload-an proposal PKM.

5. Kelas MPS dan SPSS

Adalah program kerja berskema tutorial dari mahasiswa untuk membantu mahasiswa jurusan Administrasi Negara dalam memperdalam matakuliah Metodologi Penelitian Sosial atau Statistika Terapan.