Press Release Teras Jateng 2020

Temu Regional Administrator Jawa Tengah (Teras Jateng) merupakan forum diskusi mahasiswa program studi Administrasi Negara dan Administrasi Publik yang melibatkan universitas di Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi antar program studi Administrasi Negara dan Administrasi Publik di Jawa Tengah. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan bertukar pikiran mengenai isu-isu yang sedang berkembang serta berusaha mencari solusi tentang permasalahan yang ada sesuai pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan Teras Jateng 2020 diselenggarakan di Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, pada tanggal 9-12 Maret 2020. Temu Regional Administator Jawa Tengah 2020 mengangkat tema besar, yaitu “Manajemen Bencana Alam Menuju Jawa Tengah Tangguh Bencana” dengan tiga cluster yaitu lingkungan, sosial budaya, dan kelembagaan. Kegiatan Teras Jateng 2020 diikuti oleh 8 universitas, yaitu UNTIDAR, UNS, UNSOED, UNSA, UNTAG, UNU, UNDIP, UNISRI. Agenda utama dari Teras Jateng yaitu adanya penelitian yang dilakukan oleh masing-masing universitas, seminar nasional, Focus Group Discussion (FGD), Public Hearing, serta sidang Teras Jateng. Delagasi HMJ AN FISIP UNSOED terdiri dari lima delegasi yaitu, Melinda Febriani (2017), Agistin Nur Aisah (2018), Melia Silfi Ningrum (2018), Arini Amalia Haque (2019), dan Aji Budi Dwi Prakasa (2019). Penelitian yang dibawa delegasi Unsoed dengan cluster Lingkungan berjudul “Disaster Risk Reducation Inside Sustainable Development: Manajemen Ekosistem Lingkungan Tangguh Bencana Berbasis Peran Relawan dalam Kampung Siaga Bencana (Studi Kasus Desa Watuagung Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas) Sub tema: Lingkungan”.

Kegiatan Teras Jateng 2020, diawali dengan Opening Ceremony lalu dilanjutkan dengan Focus Group Disscussion Cluster untuk memaparkan hasil penelitian dari masing-masing universitas, setelah FGD Cluster dilanjutkan dengan  FGD All Cluster dan sidang Teras Jateng 2020. Dalam kegiatan Teras Jateng 2020 dilaksanakan seminar nasional serta Public Hearing yang diselenggarakan di  Grha Kebangsaan, Universitas 17 Agustus 1945 dengan tema “Manajemen Bencana Alam Menuju Jawa Tengah Tangguh Bencana” dengan narasumber Prof. Sudharto P Hadi, Mes,Phd, Kepala BPBD Jawa Tengah dan Dr. Indra Kertati,M.Si serta moderator yaitu Drs. Nur Bagyo Utomo,M.Si.             Selain membahas permasalahan di Jawa Tengah, terdapat agenda sidang Teras Jateng yang membahas mengenai keberlanjutan Teras Jateng untuk tahun berikutnya, mulai dari evaluasi kegiatan, bentuk kegiatan, tema kegiatan serta tuan rumah untuk Teras Jateng 2021. Hasil sidang telah menyepakati tema untuk Teras Jateng 2021 yaitu “Pembangunan Kependudukan melalui Pendidikan yang Inklusif dan Berkualitas di Jawa Tengah”, sedangkan untuk tuan rumah Teras Jateng 2021 akan dibahas pada Rakorwil pada akhir bulan maret. Disamping agenda utama terdapat beberapa agenda tambahan, yaitu Gala Dinner dan City Tour. Dalam Gala Dinner disampaikan juga beberapa Awarding untuk delegasi Teras Jateng 2021. Dipenghujung acara Teras Jateng 2020 ditutup dengan acara City Tour kota Semarang untuk mengenalkan potensi daerah.