Studi Lapangan

1512722441402

Studi Lapangan merupakan program kerja bidang hubungan masyarakat (Humas) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara (HMJ AN) 2017 untuk melakukan kunjungan ke instansi pemerintahan dan studi banding ke jurusan Ilmu Administrasi Negara/Publik. Studi lapangan HMJ AN 2017 dilaksanakan pada 6 Desember 2017 dengan tujuan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik FISIP UNDIP. Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa Ilmu Administrasi Negara yang terdiri dari angkatan 2014, 2015, 2016, serta 2017. Dengan tema “Pembangunan Desa Sebagai Pilar Menuju Pemerataan Pembangunan di Jawa Tengah” yang dikemas dalam bentuk diskusi yang bertempat di gedung B lantai 5 kompleks Gubernuran. Peserta studi lapangan mendapatkan pemaparan materi yang disampaikan oleh Didik Haryadi, Kepala Bidang Pembangunan Kawasan Pedesaan DISPERMADESDUKCAPIL Provinsi Jawa Tengah.

Provinsi Jawa Tengah terdiri dari 29 Kabupaten, 6 Kota, 573 Kecamatan, 7.809 Desa dan 750 Kelurahan.  Jumlah tersebut menunjukan bahwa sudah selayaknya desa sebagai subyek dan sentral dalam pembangunan, dimana masyarakat desa sebagai pelaku aktif pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Dengan dikeluarkannya UU RI No 6 Tahun 2014 Tentang Desa, maka desa diberikan kewenangan seluas-luasnya untuk kegiatan pembangunan, artinya saat ini kewenangan desa semakin besar. Selain itu, desa kini juga mendapatkan kucuran dana sangat besar, yaitu sekitar ± 1,2 M untuk setiap desa. Sehingga dengan adanya dana desa yang diterima setiap tahun seharusnya dapat dimanfaatkan untuk pembangunan desa yang diimbangi dengan pemberdayaan masyarakat desa. Pembangunan desa lebih condong kepada sarana fisik, sedangkan pemberdayaan masyarakat lebih menekankan pada peningkatan kapasitas atau kemampuan masyarakat desa.

1512722415107Pembanguan desa menjadi salah program unggulan Provinsi Jawa Tengah yang digagas pada tahun 2013, yaitu mewujudkan desa berdikari. Untuk mewujudkan Desa Berdikari digunakan 3 instrumen, yaitu adanya kedaulatan pangan, kedaulatan energi, serta pembangunan infrastruktur di kawasan pedesaan. Pentingnya pembanguna desa yaitu agar terwujudnya peningkatan kualitas hidup manusia, peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, serta penanggulangan kemiskinan. Pembangunan desa dapat dilakukan dengan adanya pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup berkelanjutan.

1512722431424Sejak tahun 2017 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai memberikan bantuan kepada desa berupa bantuan uang. Bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai ‘pancing’ agar desa dapat bangkit dan memberikan kesejahteraan masyarakat. Artinya dengan adanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada desa, diharapkan dapat merangsang desa agar dapat bangkit dan berdikari. Salah satu desa yang bisa dikatakan mulai bangkit yaitu adanya kawasan desa wisata kebun strawberry di Serang, Purbalingga. Dengan adanya desa wisata tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat disekitarnya. Dalam pemaparannya Didik Haryadi juga sangat mengharapkan masukan bagi pemerintah dari berbagai pihak termasuk dari mahasiswa, utamanya yang sudah mengikuti KKN agar bisa memberikan informasi terkait kondisi pembanguan desa. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta dengan pemateri.

1512722356033

Setelah dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, tujuan selanjutnya yaitu Sam Poo Kong dan kemudian ke FISIP Undip. Kunjungan ke HMJ AP FISIP Undip bertempat di Ruang Sidang Senat, Student Center Undip. Adapun rangkaian kegiatan kunjungan ke HMJ AP FISIP Undip yaitu perkenalan bidang serta pemaparan program kerja HMJ AP FISIP Undip dan HMJ AN FISIP Unsoed. Kemudian dilanjutkan dengan sharing per bidang dan saling bertukar informasi antara kedua himpunan agar menjadi lebih baik lagi.

DSC05072

Bidang HMJ AP FISIP Undip:

  • PH
  • Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)
  • Minat dan Bakat (Mikat)
  • Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat
  • Hubungan Eksternal
  • Media Kreatif dan Sosialisasi (Medkref)
  • Riset dan Kajian Strategis
  • Kewirausahaan

Bidang HMJ AN FISIP Unsoed:

  • Kesekretariatan
  • Kebendaharaan
  • Hubungan Masyarakat
  • Manajemen Sumber Daya Mahasiswa
  • Penalaran
  • Jurnalistik

1512722501973

1512722494118

1512722477729