Press Release SharingAN #2 “Beasiswa dan Cara Magang diberbagai Instansi”

PRESS RELEASE

SHARING SERU TENTANG AN #2

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara (HMJ AN) FISIP Unsoed baru saja menyelenggarakan kegiatan SharingAN ke-2 dengan tema “Beasiswa dan Cara Magang diberbagai Instansi” yang dilaksanakan pada Hari Kamis, 12 November 2019 di Pendopo FISIP Unsoed. Kegiatan ini merupakan salah satu program HMJ AN yang berkaitan dengan Advokasi. Tujuan dari kegiatan SharingAN ini agar anggota mendapatkan informasi-informasi umum terkait perkuliahan di AN, dapat mempererat hubungan antar anggota AN hingga mengetahui beasiswa yang ada di AN dan juga mengetahui tips-tips magang di berbagai instansi untuk menunjang prospek kerja setelah lulus dari AN.

Kamis, 12 November 2019 telah dilaksanakan kegiatan SharingAN diisi oleh tiga pembicara yaitu Dr. Alizar Isna, M.Si yang membahas tentang tema Cara Magang diberbagai Instansi. Sedangkan pembicara kedua dan ketiga adalah Deny Rozaqul H dan Rizcita Salma S yang berasal dari Adkesma Unsoed dan Sahabat Beasiswa membahas tema Beasiswa.  Sesi pertama dibuka oleh Bapak Dr. Alizar Isna, M.Si dengan membahas Cara Magang kerja diberbagai Instansi. Magang merupakan syarat utama untuk melalui proses pendidikan. Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan untuk melakukan magang di suatu perusahaan terdahulu sebelum mendapatkan gelarnya. Bagi para mahasiswa pasti kalian sangat akrab dengan kata magang. Ya, magang memang merupakan salah satu syarat wajib untuk mendapatkan gelar sarjana. Tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi mengakibatkan proses magang menjadi sangat penting untuk ke depannya. Masalah magang telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya pasal 21 – 30. Dan lebih spesifiknya diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.Dalam Peraturan Menteri tersebut, Pemagangan diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu. Magang di AN khususnya di FISIP Unsoed masih belum terstruktur seperti fakultas lainnya. Sebenarnya Prodi dan Jurusan pernah roadshow ke berbagai instansi Kota/ Pemkab. Bentuk magang sendiri masih bebas dan belum ada ikatan resmi dan belum adanya tindak lanjut. Sehingga magang saat ini masih dibebaskan agar mahasiswa lebih aktif dalam mencari dinas sesuai jaringan yang dipunya. Dari Prodi dan Jurusan menfasilitasi administrasi. Jika membutuhkan jaringan dinas maka jurusan bisa memberikan informasi mengenai tempat magang. Didalam magang juga ada trik untuk mendapatkan peluang agar bisa diterima yakni jangan pantang menyerah, ketika wawancara harus menjadi diri sendiri, jangan bohong, tenang, dan bisa menjaga situasi. Persiapkan diri untuk lebih memahami tupoksi dari lembaga yang akan menjadi tujuan magang.

Sesi kedua, selanjutnya dijelaskan oleh  Deny Rozaqul H dan Rizcita Salma S yang berasal dari Adkesma Unsoed dan Sahabat Beasiswa membahas tema Beasiswa. Kedua pembicara tersebut memiliki lembaga beasiswa yang berbeda. Deny Rozaqul H bekerja di Adkesma Unsoed, Sedangkan Rizcita Salma S bekerja di Sahabat Beasiswa. Beasiswa sendiri ialah sebuah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Unsoed sendiri melakukan MOU untuk memberikan beasiswa kepada para mahasiswa UNSOED. Kemudian terdapat beberapa beasiswa yakni contohnya PPA yang dalam persyaratannya diwajibkan membuat PKM. Kemudian bersaing dengan beberapa fakultas lainnya. Kemudian terdapat beberapa jenis beasiswa meliputi kerjasama antar mitra dan free scholarship. Beasiswa Unggulan harus menyiapkan surat rekomendasi yang dapat berasal dari dosen atau dari pemberi beasiswa. Kemudian LPDP juga merupakan proposal study yang akan dilakukan setelah lulus atau kegiatan yang ada di perkuliahan selama di kuliah tidak menerima beasiswa lain. Kemudian ada beberapa program beasiswa ke luar negeri seperti program winter camp dan summer camp untuk dana delegasi diluar beasiswa dapat meminta kepada  universitas  dan fakultas untuk kegiatan lomba dan sebagainya.