PRESS RELEASE DILAN 2019

PRESS RELEASE
STUDI LAPANGAN ADMINISTRASI NEGARA 2019

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara (HMJ AN) FISIP Unsoed, baru saja menyelenggarakan kegiatan Studi Lapangan Administrasi Negara 2019 dengan tema “Strategi membangun kota untuk mewujudkan smart city” pada hari Kamis, 5 Desember 2019 di Kota Surakarta. Studi lapangan ini merupakan salah satu program kerja dari bidang humas untuk menjalankan tupoksi eksternalnya. Studi lapangan ini memiliki dua tempat tujuan, yaitu kunjungan ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Surakarta dan kunjungan ke Keluarga Mahasiswa Administrasi Publik UNS. Kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk menjalin hubungan kerjasama dan mencari informasi baik di bidang akademik maupun non-akademik dengan instansi pemerintahan dan universitas yang dituju.

Kunjungan Pertama studi lapangan AN 2019 ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Surakarta pada pukul 09.00 – 11.00 WIB yang diadakan di Gedung Balai Kota Surakarta. Pembukaan acara kunjungan ke Diskominfo ini dibuka oleh MC dari pihak instansi yang dalam pembukaannya membacakan basmallah dan selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian terdapat pula sambutan dari Dosen Pendamping kita yaitu Dr. Tobirin, M.Si yang kemudian dilanjutkan sambutan oleh Kepala Diskominfo yaitu Kentis Ratnawati, SH, MM. Setelah itu, masuk kedalam acara inti yaitu penjelasan mengenai strategi apa saja yang telah dilakukan oleh Diskominfo dalam membangun Smart City. Diskominfo ini memiliki 6 strategi dalam mewujudkan Smart City di Kota Surakarta, yaitu :
1. Smart Environment yang berfokus pada pengelolaan lingkungan dan SDA berbasis IT, Pengembangan sumber energi terbarukan.
2. Smart Society yang berfokus pada pendidikan dan SDM yang melek teknologi, dukungan penelitian, pengembangan karakter sosial budaya masyarakat.
3. Smart Living yang berfokus pada kemudahan akses terhadap layanan pendidikan dan layanan kesehatan, pengembangan peran media, kemudahan akses terhahap jaminan keamanan. Pengembangan jaringan IT, pengembangan transportasi berbasis IT, pengembangan sistem informasi manajemen berbasis IT.
4. Smart Branding yang berfokus kemudahan akses terhadap destinasi wisata Kota Surakarta dan sekitarnya, kemudahan akses akomodasi penunjang pariwisata rumah makan, hotel, biro perjalanan wisata, ticketing dan informasi event-event budaya.
5. Smart Economy yang berfokus pada pengembangan city branding, pengembangan kewirausahaan, dan pengembanagn e-commers.
6. Smart Governance yang berfokus pada pengemangan e-government, membuka partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan.
Setelah pemaparan materi dari instansi, kemudian terdapat sesi tanya jawab bagi peserta studi lapangan. Terdapat beberapa penanya dalam sesi tanya jawab ini dengan sistem langsung dijawab oleh pihak instansi. Kemudian, acara selanjutnya yaitu penyerahan Plakat baik dari Diskominfo kepada HMJ AN maupun sebaliknya. Acara terakhir kunjungan pada Diskominfo Kota Surakarta ditutup dengan foto bersama dengan seluruh peserta studi lapangan AN 2019. Sebelum melaksanakan kunjungan ke Universitas Negeri Sebelas Maret, kita melakukan Ishoma yang kemudian dilanjutkan wisata ke Keraton Kasunanan Surakarta. Wisata di Keraton Surakarta dilaksanakan pada pukul 13.00 – 14.00 WIB. Wisata di Keraton ini kita mendapatkan sedikit ilmu tentang sejarah, silsilah, dan tempat-tempat sakral yang ada di dalam Keraton.

Kunjungan kedua studi lapangan AN 2019 yaitu ke Keluarga Mahasiswa Administrasi Publik (KMAP) UNS yang dilakukan pada pukul 15.00 – 16.30 WIB. Acara kunjungan di KMAP UNS ini diawali dengan pembukaan oleh MC perwakilan dari HMJ AN dan KMAP UNS. Susunan acara di UNS pertama-tama dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua HMJ AN serta Ketua KMAP UNS. Setelah itu, tibalah di acara inti yaitu FGD dengan tema sharing tentang pentingnya organisasi bagi mahasiswa dan penjelasan tentang real dari sebuah keorganisasi melalui program kerja. FGD ini dilakukan selama kurang lebih 45 menit. selanjutnya terdapat acara pemutaran video profil dari HMJ AN sekitar 15 menit, lalu acara terakhir yaitu foto bersama dengan seluruh pengurus KMAP UNS dan peserta studi lapangan AN 2019. Dalam kunjungan ini tidak hanya ke instansi, universitas dan ke keraton saja, melainkan juga waktu sore ke malam kita berwisata di malioboro hingga pukul 22.00 WIB.