DETIK

dbtyyLiga Debat FISIP adalah program kerja yang diangkat untuk menghadirkan HMJ AN di lingkup fakultas sebagai upaya menghadirkan partisipasi mahasiswa jurusan administrasi negara dalam kegitan akademik kompetitif yang berskala fakultas.

Dalam pelaksanaannya, Liga Debat FISIP ini bekerjasama dengan BEM FISIP Unsoed, Komahi (Korps Mahasiswa Hubungan Internasional) FISIP Unsoed, dan ESOF. DETIK atau Debat Intelektual Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diselenggarakan pada tanggal 25-26 November 2017 di FISIP Unsoed. Yang diikuti oleh lima tim yaitu tim dari Himapol, Komahi, KBMS, dan HMJ AN A dan HMJ AN B.

Pada hari pertama yaitu 25 November 2017, acara terlebih dahulu dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan dari Ketua DETIK, Presiden BEM FISIP Unsoed, dan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan sekaligus membuka acara DETIK (Debat Intelektual Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Tema DETIK yaitu “Revitalisasi Semangat Kepahlawanan dan Nasionalisme dalam Menyokong Indonesia Hebat”. Dengan beberapa heading yang terdiri dari internasional, politik, media, pemerintah/kebijakan publik, dan sosial (globalisasi dan nasionalisme).

dbtplkSelanjutnya untuk sesi pertama tentang kebijakan publik dan sudah ada beberapa mosi yang disiapkan oleh panitia dan setiap tim diberi kesempatan untuk memilih mosi mana yang akan dibahas. Setelah mendapat mosi, tim dibagi untuk menjadi bagian afirmatif atau oposisi. Masing-masing tim diberikan waktu untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum memulai debat. Dalam debat ini tentunya ada juri yang akan menilai. Setelah sesi pertama selesai, waktunya untuk ishoma dan setelah itu dilanjutkan dengan sesi kedua dengan heading tentang internasional.

dbtufy

Pada hari kedua yaitu 26 November 2017, sebelum memulai sesi ketiga. Masing-masing tim diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan juri untuk mendapatkan masukan tentang kekurangan mereka sehingga dapat memperbaikinya. Setelah itu dilanjutkan  sesi ketiga dengan heading politik. Setelah sesi ketiga selesai, dilanjutkan dengan ishoma dan pembacaan skor masing-masing tim sekaligus penentuan tim mana yang masuk ke babak final.

dbtrrTim yang berhasil masuk ke babak final yaitu KBMS dan HMJ AN A. Heading pada final ini yaitu sosial (globalisasi dan nasionalisme) dengan mosi: Dewan ini mengakui adanya pengakuan status sosial bagi kaum LGBT. Dengan KBMS menjadi tim afirmatif dan HMJ AN A menjadi tim oposisi.

Juara DETIK (Debat Intelektual Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

  • Juara I HMJ AN A (Novia, Iqtikaful, dan Qembig)
  • Juara II KBMS (Zainal, Haris, Syahrofi)
  • Best Speaker (Haris)

IMG_7775jjj

(Foto Tim HMJ AN A dan HMJ AN B)

#salamAN